Trending

Drama Kolosal Perjuangan Jendral Sudirman Menyemarakan HUT TNI

Perayaan HUT TNI

Bolaria.net, Pagelaran drama kolosal tentang perjuangan jendral Sudirman ditampilkan saat upacara HUT TNI yang ke 72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis 5 Oktober 2017. Cucu Panglima Besar Jenderal Sudirman, Danang Priambodo Sudirman, tampil dalam acara tersebut.

Drama itu diawali dengan bunyi tembakan pesawat udara yang menggambarkan penyerangan Kota Yogyakarta seusai Presiden Jokowi berpidato di hadapan 5.932 orang.

Berdasarkan rilis yang diterima dari Puspen TNI, ada 5.932 prajurit TNI yang akan terlibat dalam upacara peringatan HUT TNI. Jumlah itu merupakan personil TNI yang terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara TNI AD, Brigade Upacara TNI AL, Brigade Upacara TNI AU, Batalyon Upacara PNS, Batalyon Komponen Cadangan dan Batalyon Pasukan Lintas Sejarah TNT.

Cucu Jenderal Besar Soedirman, Danang Priambodo Soedirman, berperan sebagai kakeknya dalam drama kolosal itu. Danang menggambarkan Jenderal Soedirman saat bergerilya melawan Belanda di Yogyakarta pada pertengahan Desember 1948, ketika Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki kota.

Danang berperan sebagai Jenderal Sudirman saat bergerilya melawan Belanda pada pertengahan Desember 1948 di Yogyakarta. Ketika itu Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki Yogyakarta.

Di saat pemimpin-pemimpin politik berlindung di Keraton Sultan, Sudirman beserta sekelompok kecil tentara dan dokter pribadinya, melakukan perjalanan ke arah selatan dan memulai perlawanan gerilya selama tujuh bulan.

Adegan awal menggambarkan kehidupan masyarakat Yogyakarta yang rukun dan damai. Tiba-tiba, pasukan Belanda datang dan menembaki warga yang ada di jalan raya. Pesawat menjatuhkan bom dan mengguncang seluruh wilayah Yogyakarta.

Jenderal Sudirman dalam keadaan sakit bangkit dan melapor ke Presiden Soekarno. Sudirman tetap bersikeras berjuang meski Presiden Soekarno memintanya beristirahat.

Sudirman memutuskan bergerilya untuk melawan Belanda. Sementara pihak Belanda memerintahkan pasukannya untuk menangkap Jenderal Sudirman hidup atau mati.

Mereka menunjukkan kekebalan tubuh mereka dari sayatan benda tajam. Bahkan ada seorang prajurit yang menusuk lidahnya menggunakan besi panjang, tanpa merasa kesakitan.

Mereka juga menampilkan seni bela diri pencak silat gabungan dari berbagai jenis pencak silat yang ada di Indonesia, antara lain Merpati Putih, Tapak Suci, Perisai Diri, Pagar Nusa, Pemersatu Hati, Pagar Kencana, Ciung Wanara, Cimande, Panglipur dan Budi Kaneana.

Masyarakat yang datang menonton dilibatkan dalam drama itu. Mereka memasuki lapangan diatur para prajurit yang juga pemain dalam drama itu. Drama ini diwarnai dengan atraksi bendera. Drama ditutup diakhiri dengan pengibaran bendera merah putih raksasa oleh para pemain.

Dilokasi perayaan HUT TNI kali juga telah berjejer rapih berbagai alat utama sistem pertahanan (alusista) milik TNI yang tentunya akan memeriahkan HUT ke-72 TNI. Perayaan HUT TNI ini juga akan dimeriahkan dengan parade defile alat tempur milik TNI. Defile juga akan menampilkan demo tempur yang melibatkan tank Leopard, tank Arisgato dan 16 unit Heli Bell-412.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berserta Ibu Iriana serta Wakil Presiden Jusuf Kalla berserta Ibu Musfidah Jusuf Kalla hadir dalam upacara perayaan HUT ke-72 TNI. Presiden Jokowi juga akan bertindak sebagai Inspektur upacara perayaan HUT ke-72 TNI. Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara adalah Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahkayadi.

Tak lupa, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angakatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan hadir dalam perayaan tersebut. Selain itu, tamu undangan dan masyarakat sekitar Cilegon dipastikan turut meramaikan perayaan HUT ke-72 TNI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top