Trending

Hasil Seleksi CPNS Kementerian Keuangan Resmi Diumumkan

Kementerian Keuangan

Bolaria.net, Setelah ditunggu-tunggu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akhirnya mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Sipil (CPNS) 2017. Kemenkeu merupakan salah satu kementerian yang masuk dalam lima besar instansi yang paling banyak dilamar dalam CPNS 2017 gelombang kedua.

Dikutip dari laman resmi Kemenkeu, hingga tanggal 29 September 2017 terdapat 110.584 pendaftar online seleksi CPNS Kemenkeu. Dengan formasi sebanyak 2.880 lowongan tersedia, maka tiap pelamar akan berkompetisi dengan perbandingan 1:38 orang.

Sebanyak 2.880 CPNS akan disebar ke berbagai unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan. Formasi 2.880 CPNS Kementerian Keuangan ditawarkan untuk tiga jenjang pendidikan, Dploma III, Sarjana (S1), Magister (S2). Kriteria pelamar CPNS terbagi menjadi empat bagian, yaitu lulusan terbaik (cum laude), disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, serta golongan Umum.

Besaran kebutuhan CPNS tersebut dilakukan untuk menutupi kekurangan pegawai Kementerian Keuangan yang dalam beberapa tahun terakhir dan yang akan datang memasuki masa pensiun. Perekrutan paling banyak di Direktorat Jenderal Pajak sebanyak 1.721 orang.

“Kriterian pelamar tentu harus sesuai dengan bidang studi, cum laude, putra dan putri Papua dan Papua Barat, disabilitas, dan umum,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam jumpa pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, awal September kemarin.

Usai pengumuman administrasi, tahap selanjutnya adalah peserta harus memiliki Tanda Peserta Ujian (TPU) untuk melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Berdasarkan Pengumuman Nomor: PENG-5/PANREK/2017, pelamar yang namanya tercantum dalam lampiran dinyatakan lulus seleksi administrasi serta dapat mengambil TPU sesuai jadwal dan lokasi yang ditentukan. Nama-nama peserta yang lolos seleksi administrasi dapat diunduh melalui laman resmi Kemenkeu.

Saat mengambil TPU, setiap peserta diharuskan menunjukkan tanda Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang dapat dicetak melalui akun pelamar di http://rekrutmen.kemenkeu.go .id. Pelamar juga menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 2 lembar.

Selain itu, pelamar juga membawa sejumlah dokumen asli ijazah dan transkrip nilai; serta ijazah SD sampai SMA atau dokumen asli Surat Keterangan Keturunan Papua dari kelurahan, fotokopi KTP ayah kandung, dan akta kelahiran pelamar (khusus bagi pelamar putra/putri Papua dan Papua Barat).

Saat mengambil TPU, juga akan dilakukan proses verifikasi terhadap sejumlah berkas tersebut. Untuk itu, peserta diingatkan untuk membawa seluruh dokumen asli yang disebutkan di atas.

“Dokumen yang tidak dibawa atau data yang tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan akan menggugurkan pelamar dari kelulusan seleksi administrasi,” tulis Hardiyanto, Ketua Panitia Rekrutmen CPNS Kemenkeu melalui surat pengumuman tersebut.

Pelamar yang telah mendapatkan TPU berhak mengikuti SKD sesuai dengan jadwal dan lokasi yang diumumkan panitia melalui portal http://rekrutmen.kemenkeu.go .id. Berdasarkan pengumuman sebelumnya, SKD bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 9-20 Oktober 2017.

Sebelumnya, sebanyak 110.584 pelamar CPNS tercatat telah mengunci data secara online dan mengunggah dokumen seusai batas akhir pendaftaran pada 25 September 2017 di Kemenkeu.

Proses rekrutmen pegawai baru Kemenkeu ini dipastikan didasarkan pada prinsip transparan, objektif, kompetitif, bebas KKN, tidak diskriminatif dan tidak dipungut biaya, sehingga pendaftar wajib mengikuti seluruh proses yang disampaikan melalui media informasi resmi.

“Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Untuk itu apabila ada oknum atau pihak yang menawarkan jasa, maka perbuatan tersebut adalah penipuan,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top