Trending

Berita Terkini: Hari Kesaktian Pancasila dan Generasi Muda

Hari Kesaktian Pancasila

Bolaria.net, Berita Terkini: 1 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Namun belakangan banyak generasi muda yang sudah lupa bahkan tidak ingat lagi akan hari bersejarah tersebut.

Pada hari ini dikukuhkan sebagai pengingat sejarah, bahwa 52 tahun silam ada upaya pemberontakan, penggantian idiologi negara, pembantaian terhadap jendral negara. Tapi Indonesia masih tetap kukuh sebagai bangsa yang satu dan berdaulat hingga sekarang. Masih lekat di ingatan bagaimana kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) pada pemberontakan 30 September silam.

Namun, Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan Hari Kelahiran Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Jika masih ragu, Hari Kelahiran Pancasila merupakan peringatan cikal bakal Pancasila dijadikan lambang negara. Sementara, Hari Kesaktian Pancasila yang berkaitan dengan Gerakan 30 September (G30 SPKI).

Baca juga: Arti Penting Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Meski masih menjadi perdebatan siapa dalang dan motif sebenarnya dari penyerangan tersebut, satu yang pasti adalah kejadian itu menyisakan trauma masa lalu yang begitu dalam. Bagaimana peristiwa Pembantaian besar terjadi di Indonesia 1965–1966 oleh oknum-oknum sebagai upaya kudeta. Enam Jenderal satu Kapten serta beberapa orang lainnya tewas dibunuh.

Seperti ungkapan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Minggu lalu (1/10/2017), sejarah kelam tersebut tidak bisa diputar ulang untuk diperbaiki, tetapi bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk ke depannya.

Bagaimana bisa menjadikan peristiwa tersebut sebagai pembelajaran jika generasi muda sekarang tidak tahu lagi sejarah bangsanya?

Salah satu media nasional Indonesia menuliskan berbagai reaksi anak muda, dalam kasus ini mahasiswa, ketika ditanyai perihal hari kesaktian Pancasila. Ada yang tahu tanpa mengetahui sejarahnya, ada juga yang tidak tahu sama sekali. Ini menjadi bukti bahwa tingkat nasionalisme generasi millenial sudah tergerus. Mereka sudah melupakan peringatan hari bersejarah bangsa ini. Apakah nanti masih ada yang akan berperang melawan penghianat yang ingin mengganti Pancasila jika anak mudanya tidak mempelajari sejarah?

Padahal Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari dimana Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto, menunjukkan siapapun yang ingin merusak ideologi Pancasila bangsa Indonesia, akan berhadapan langsung dengannya dan juga seluruh rakyat Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top