Trending

Jokowi di Tagih Bonus Hingga Sepeda Oleh Atlet Para Games 2017

Jokowi dan Atlet Para Games 2017

Bolaria.net, Presiden Jokowi menerima para atlet beserta pelatih dan ofisial National Paralympic Committee (NPC) di Istana Negara, Jakarta. Mereka datang sebagai juara umum ajang ASEAN Para Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17-23 September lalu.

Para atlet, pelatih, dan ofisial sudah tiba di istana di Istana Kepresidenan pukul 08.00 WIB. Mereka mengenakan jaket Kemenpora yang bercorak merah putih.

Para atlet yang memenangkan medali juga mengenakannya di leher mereka. Adapun Presiden Jokowi tiba di istana pukul 09.15 WIB. Kehadiran Jokowi disambut tepuk tangan dari para atlet.

Jokowi pun menyalami beberapa atlet yang duduk di dekatnya. Presiden lalu mengucapkan selamat kepada para atlet yang sudah berhasil meraih juara umum.

Hadir mendampingi Jokowi, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Awalnya, Menpora terlebih dahulu melaporkan keberhasilan para atlet meraih juara umum dalam ASEAN Para Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17-23 September lalu. Secara keseluruhan, Kontingen Indonesia sukses menjadi juara umum dengan meraih 126 medali emas, 75 medali perak, dan 50 medali perunggu.

Setelah itu, giliran Jokowi yang bicara dan memberikan ucapan selamat kepada para atlet. Kemudian, barulah para atlet diberi kesempatan satu per satu untuk berbicara. Kesempatan inilah yang mereka gunakan untuk mencurahkan isi hatinya kepada Presiden.

Dalam kesempatan tersebut tentu tidak disia-siakan oleh para atlet yang berlaga di ASEAN Para Games 2017. Para atlet blak-blakan menagih bonus hingga sepeda kepada Kepala Negara.

Atlet renang Jendi Panggabean menjadi yang pertama mengambil pengeras suara. Ia mengungkapkan prestasinya yang berhasil meraih empat medali emas. Jendi pun lantas menagih ke Jokowi agar bonus segera dicairkan.

Jokowi pun langsung bisik-bisik ke Menpora yang duduk di sebelahnya. Setelah itu, barulah Jokowi menjawab permintaan Jendi.

Atlet renang lain, Laura Diah, mengapresiasi bonus berupa status pegawai negeri sipil (PNS) yang diberikan kepada atlet peraih medali emas. Namun, ia berharap, pengangkatan PNS tak hanya diberikan kepada atlet saja, namun juga kepada para pelatih.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berjanji bonus uang kepada atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2017 akan cair dalam satu sampai dua hari kedepan. Hal ini sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo agar para atlet bisa segera menikmati bonusnya.

Imam mengatakan, peraih medali emas akan mendapat uang tunai sebesar Rp 200 juta. Namun, untuk peraih medali perak dan perunggu, nilainya belum ditentukan.

Peraih medali emas juga, akan mendapatkan pengangkatan sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ini adalah kebijakan baru yang diterapkan pemerintah untuk menjamin masa depan para atlet. Namun, proses pengangkatan PNS ini akan memakan waktu yang lebih lama karena masih terkendala proses administrasi.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi mengatakan, Pemerintah menjanjikan pengangkatan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sebagai bonus tambahan peraih emas atlet ASEAN Para Games 2017.

Masih ada syarat yang belum terpenuhi seperti umur maupun ijazah. Imam memandang harus ada sejenis home schooling untuk atlet pelatnas. Atlet bakal tetap bisa mendapat ijazah atau pengakuan pendidikan tanpa harus ikut sekolah atau kuliah reguler.

Hal senada disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Menurut dia, pihaknya tak bisa serta merta menyodorkan nama-nama peraih mendali emas otomatis menjadi PNS bila tak memenuhi syarat.

Tapi, ia berjanji mencari solusi lain agar masa depan atlet berprestasi tetap terjamin. Ia akan berkoordinasi dengan Imam Nahrawi dan Menteri Pendayagunaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur untuk mengakomodasi atlet berprestasi baik menjadi PNS atau bekerja di salah satu perusahaan BUMN.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top