Sport

MotoGP: Marc Marquez Podium Kedua, Valentino Rossi Gagal Finis

Valentino Rossi di MotoGP Aragon

Bolaria.net, Pertarungan seru dan ketat terjadi di Sirkuit Motegi, Jepang, pada Minggu (15/10/2017). Pertarungan ketat tersebut terjadi antara dua pebalap MotoGP yang sedang memperebutkan gelar juara tahun ini, Dovizioso dan Marc Marquez.

Marquez yang gagal mendapat podium satu pada balapan sebelumnya di Red Bull Ring, Austria, berupaya keras untuk bisa memenangkan balapan di Motegi. Saat itu, di Austria, Dovizioso memenangi balapan hingga lap terakhir

Jalannya balapan

Dari awal balapan dimulai, Marc Marquez langsung memimpin di depan Jorge Lorenzo dan Danillo Petrucci. Sementara rekan satu tim Lorenzo di Ducati, Dovizioso, berada di posisi keenam. Marc Marquez disalip Lorenzo pada lap selanjutnya.

Sedangkan Dovizioso merangsek ke posisi empat, tepat berada di belakang Johann Zarco. Perebutan posisi pertama terus terjadi. Pada lap 3, giliran Petrucci yang memimpin balapan dan Marquez terus turun di posisi ketiga. Meski duel panas antara Marquez dan Dovizioso belum terjadi, namun Marquez sudah lebih dulu memburu posisi pertama balapan. Hingga lap ketiga, Dovizioso masih berada persis di belakang Marquez.

Tidak mudah bagi Marquez untuk menyalip Petrucci yang berada di posisi pertama. Baru di lap ke dua belas posisi pertama berhasil direbut Maarquez. Tak mau terlalu jauh, lap selanjutnya giliran Dovi yang menyalip pebalap Pramac Racing, Petrucci, untuk posisi kedua. Hingga lap 14, barulah duel Marquez dan Dovizioso terjadi. Perlahan namun pasti, Dovi mendekati Marquez dan menipiskan jarak dengan sang rival.

Pertarungan semakin panas ketika balapan menyisakan 5 lap lagi. Sempat disalip Dovi, Marquez tidak mau menyerah begitu saja. Sehingga aksi overtaking antara keduanya tak terhindarkan. Pergantian posisi teratas semat terjadi beberapa kali di tiga lap terakhir.

Ternyata duel panas dan menegangkan belum usai. Pada lap terakhir Marquez hampir terjatuh. Padahal saat itu Marquez berada di posisi pertama. Kesalahan tersebut langsung dimanfaatkan Dovizioso dengan mengambil alih. Namun, di tikungan terakhir Marquez berhasi menyalip pebalap Italia tersebut. Tak tinggal diam, Dovizioso membalas hingga akhirnya mampu mengalahkan  sang juara dunia bertahan.

Kemenangan ini menjadi podium pertama kelima buat Dovizioso di musim balapan 2017. Selain di Motegi, dovizioso berhasil memenangkan balapan di MMugello, Catalunya, Red Bull Ring serta silverstone.

Kemenangan di Motegi menjadi penting karena memperdekat jarak dengan Marquez yang berada di posisi puncak klasemen sementara. Kini, Dovizioso hanya terpaut 11 poin saja. Dengan begitu peluang untuk memperebutkan juara dunia masih terbuka lebar.

Melengkapi podium, ada Petrucci yang finis di posisi ketiga. Disusul Iannone, Rins, Jorge Lorenzo, Espargaro, Zarco, Vinales seerta L. Baz yang secara berurutan finis di posisi empat hinngga sepuluh.

Banyak Pebalap yang Jatuh dan Gagal Finis

Valentino Rossi meraih hasil yang mengecewakan. Pada balapan di Motegi, Rossi gagal finis akibat terjatuh di tikungan 8 lap 6. Ini bukan kali pertama Rossi meraih hasil buruk pada balapan di Motegi, pada musim sebelumnya, Rossi juga gagal finis akibat jatuh.

Selain The Doctor, ada lima peballap  lain yang juga gagal finish akibat terjatuh saat balapan. Ada Dani Pedrosa, Karel Abraham, Cal Crutchlow, Alvaro Bautista, dan Kohta Nozane.

Seri MotoGP selanjutnya akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia pada 22 Oktober 2017 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top