Sport

Valentino Rossi Hujan Pujian Meski Finis di Posisi Lima MotoGP Aragon

Valentino Rossi di MotoGP Aragon

Bolaria.net, Valentino Rossi sempat diragukan bisa tampil di MotoGP Aragon karena patah tulang yang dialami saat latihan. Tapi The Doctor akhirnya ikut balapan dan berhasil finis di urutan kelima.

Rossi mengalami patah tulang ganda di kaki kanannya saat berlatih di arena motocross pada akhir Agustus lalu. Rider Movistar Yamaha itu pun naik meja operasi dan diperkirakan bakal absen 30-40 hari. Pebalap 38 tahun itu diprediksi paling cepat bisa mengaspal pada balapan Motegi pertengahan bulan depan.

Absen di MotoGP San Marino dan seharusnya masih belum cukup pulih untuk balapan di Aragon akhir pekan kemarin. Namun ternyata kondisinya meningkat dengan cepat, hanya 22 hari usai kecelakaannya, ia dinyatakan fit dan bisa kembali menunggangi Yamaha YZR-M1 untuk berlaga di Aragon.

Kejutan langsung diperlihatkan Rossi, yang notabene belum fit seratus persen. Meski sempat kesulitan di sesi latihan bebas, Rossi malah menempati peringkat tiga di kualifikasi. Pada akhirnya dia finis kelima di balapan, hanya sekitar 0,5 detik dari Maverick Vinales di depannya yang merupakan peraih pole.

Hujan pujian pun mengalir untuk Rossi. Pebalap Repsol Honda Marc Marquez, yang memenangi balapan, terkesan dengan kegigihan rivalnya tersebut.

Rekan setim Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yang finis kedua di balapan kemarin menyebut performa Rossi sepanjang akhir pekan sudah sangat mengejutkan.

Jorge Lorenzo, rider Ducati yang akrab dengan cedera-cedera di masa lampau pun heran. Fakta bahwa Rossi sudah berusia 38 tahun dan pemulihan tulangnya tak secepat mereka yang berusia lebih muda, itu diakuinya mengesankan. Secara hasil, dia menilai mantan rekan setimnya itu sudah bekerja sangat baik.

Sementara Vinales mengaku sempat berharap lebih setelah melihat penampilan super Rossi sepanjang akhir pekan hingga fase awal balapan. Dia lantas menjelaskan kenapa rekan setimnya itu mengalami penurunan di fase akhir.

Bukan pencapaian yang buruk untuk Valentino Rossi yang bahkan datang ke sirkuit masih menggunakan kruk dan kaki kanannya digips.

“Saya sangat bangga dan senang sebab minggu lalu saya tidak tahu apakah bisa ikut balapan. Tapi kami bekerja dengan baik, membuat pilihan yang tepat. Mungkin berisiko, tapi saya mencoba tidak melewatkan balapan yang lain sebab semakin banyak balapan yang dilewatkan, semakin butuh waktu lama untuk kembali ke performa terbaik Anda,” tutur Rossi seperti dikutip Crash.

Hasil ini membuat Rossi masih bercokol di peringkat lima dengan poin 168, selisih 56 poin dari Marquez di puncak. Selanjutnya seri MotoGP akan digelar di Motegi, Jepang 15 Oktober.

Pencapaiannya ini memang tergolong luar biasa. Sebab, semua juga tahu sebelumnya Rossi harus berkutat dengan cedera patah tulang kakinya. Tapi, setelah rehat beberapa hari, The Doctor kembali mendapatkan penampilan terbaiknya.

Penampilan pembalap bernomor 46 itu memang sangat mengesankan. Di awal lomba, Rossi ada di grid terdepan bersama Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo. Sayangnya, usaha Rossi mempertahankan posisi terus diancam Marc Marquez yang akhirnya naik podium di peringkat pertama.

“Ini adalah balapan yang hebat. Saya melakukan awal yang baik dan di lap pertam sangat kuat. Saya bisa bersaing dengan Lorenzo dan Marquez. Di paruh kedua balapan, harus diakui saya menderita. Saya merasa lebih lelah dari biasanya dan merasa sakit,” papar Valentino Rossi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top