News

Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Pilpres 2019

Bolaria.net, Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan akan mendukung Jokowi dalam pilpres 2019 nanti. Peryataan tersebut disampaikan secara terpisah saat wawancara bersama Kompas TV pada Rabu, 27 Juni 2018.

Ridwan Kamil menyampaikan pernyataan dukungannya kepada Jokowi ketika diwawancarai dalam suatau program TV yang dipandu oleh Aiman Witjaksono.

“Arahnya tentunya mendukung Pak Jokowi sesuai dengan aspirasi dari partai-partai yang menjadi pengusung saya dan Pak Uu,” kata Ridwan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini akan mendukung pilihan yang sesuai dengan keputusan partai pengusungnya untuk pilpres 2019 dan juga berdasarkan etika politik yang berlaku.

Baca Juga: Khofifah Menyatakan Dukung Jokowi di Pilpres 2019, PDIP: So What?

Pada tahun 2013 lalu, Ridwan Kamil berhasil menjadi Wali Kota Bandung yang didukung oleh Gerindra dan PKS, ia juga masuk dalam tim kemenangan Prabowo saat pilpres 2014 akan tetapi, pilihannya akan berubah untuk Pilpres 2019 nanti.

Jokowi

Jokowi

Sedangkan calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan dukungannya terhadap Jokowi saat diwawancarai Rosiana Silalahi, salah satu jurnalis Kompas TV. Awalnya Khofifah memuji kerja keras Jokowi terutama ketika mereka bekerja sama di Kabinet Kerja. Pada saat itu Khofifah menjabat sebagai Menteri Sosial.

“Jadi, Anda hanya akan mendukung Pak Jokowi dan bukan capres lain?” tanya Rosi.

“Iya, insya Allah begitu,” jawab Khofifah.

Ridwan Kamil dan Khofifah Indar berhasil menjadi calon gubernur Jawa Barat dan calon gubernur Jawa Timur versi hitung cepat. Ridwan kamil berpasangan dengan Uu Ruzhanul berhasil mengungguli 3 pasangan lainnya yaitu Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Pasangan Rindu (Ridwan-uu) menang dengan perolehan suara 32,98%.

Khofifah Indar Parawansa berpasangan dengan Emil Dardak berhasil unggul dari pasangan Gus Ipul-Puti Gundur dengan perolehan suara 54,29%. Khofifah-Emil diusung oleh Demokrat, Golkar, PPP, Nasdem, Hanura, dan PAN.

Dalam bursa pilpres 2019, Jokowi maju sebagai calon presiden didukung oleh partai PDIP, Golkar, PPP, Hanura dan Nasdem. Sampai saat ini mereka belum memutuskan siapa yang akan mendampingi Jokowi untuk Pilpres 2019.

 

Suhaimah Irbah Riyani

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top