News

TPS Ditutup, Pantau Quick Count Pilkada Serentak 2018 di Tempo.co

Pilkada 2018

Bolaria.net, Sebanyak 171 daerah di Indonesia menggelar pilkada serentak pada 27 Juni 2018. Siang hari, tepatnya pukul 13.00 sejumlah lembaga survei akan mulai menggelar Quick Count atau hitung cepat untuk mengetahui hasil pilkada 2018.

Tempo bersama Lingkaran Survei Indonesia, Indo Barometer, dan Charta Politika akan memantau hasil perhitungan cepat di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, NTB, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan dan Sumatra Utara.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merupakan lembaga riset opini publik yang memiliki fokus pada politik seperti pemilihan umum nasional maupun daerah. LSI bersifat independen, non-partisan dan tidak berafiliasi pada partai politik maupun tokoh atau kelompok.

Pilkada Serentak 2018

Pilkada Serentak 2018

Indo Barometer (IB) adalah lembaga penelitian yang juga memiliki fokus pada survei pemilihan umum baik nasional maupun daerah. Selain itu, lembaga ini juga meneliti perilaku pemilih. Dan lembaga yang terakhir yaitu Charta Politika yang merupakan lembaga riset politik yang juga memiliki lembaga pendidikan politik.

Baca: Quick Count: Ridwan Kamil, Ganjar, Khofifah Unggul Sementara

Sejumlah stasiun TV dan media online lainnya turut melakukan Quick Count bekerjasama dengan berbagai lembaga survei lainnya.

Quick Count merupakan salah satu cara untuk mengetahui hasil pemungutan suara cepat dengan mengambil sampel secara acak di tempat pemungutan suara (TPS).

Metode ini dilakukan oleh lembaga atau individu agar memiliki data pembanding untuk melihat apakah terdapat faktor kecurangan dalam pemungutan suara. Sedangkan real count adalah perhitungan resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut data dari KPU, daftar pemilih tetap pada pilkada serentak 2018 ini mencapai 152.058.452 orang, dengan jumlah TPS mencapai 387.566.

Pilkada Serentak

Pilkada Serentak

Pada pilkada serentak tahun ini, terdapat 55 pasangan pada pilkada provinsi, 344 pasangan pada pilkada bupati, dan 121 pasangan pada pilkada wali kota. TPS mulai dibuka pagi hari yaitu pukul 07.30 dan ditutup pukul 13.00.

Perhitungan Quick Count pernah mengalami pemasalahan pada pemilihan presiden 2014, dimana terdapat perbedaan hasil perhitungan antara dua lembaga survei Puskaptis dan Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang memenangkan pasangan Prabowo-Hatta dengan tujuh lembaga survei lainnya yaitu opuli Center, CSIS, Litbang Kompas, Indikator Politik Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia, Radio Republik Indonesia, dan Saiful Mujani Research Center yang memenangkan pasangan Jokowi-JK.

 

Suhaimah Irbah Riyani

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top