News

Pemerintah Akan Evaluasi Cuti Bersama Lebaran 2018, Bakal Direvisi?

Lebaran 2018

Bolaria.net, Presiden Jokowi telah resmi mengumumkan penambahan cuti bersama Lebaran 2018 sebanyak tiga hari, sehingga jumlah cuti bersama keseluruhan menjadi tujuh hari dari sebelumnya empat hari.

Namun kabarnya, keputusan tersebut akan direvisi menyusul adanya permintaan dari anggota DPR agar pemerintah mengkaji ulang penambahan cuti bersama Lebaran itu.

Mengenai hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur enggan berkomentar panjang lebar. Dia hanya memastikan bahwa pemerintah akan kembali menggelar rapat untuk membahas perubahan cuti bersama tersebut.

Penambahan cuti bersama Lebaran 2018 sebelumnya tertuang melalui perubahan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018.

Cuti bersama tersebut mulai tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19 dan 20 Juni 2018. Libur Idul Fitri sendiri jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018 di hari Jumat dan Sabtu.

Cuti Bersama

Kalender Cuti Bersama Lebaran 2018

Perubahan SKB itu ditandatangani oleh Menteri PANRB Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Namun di tengah jalan, Anggota Komisi X DPR yang menangani Pendidikan Yayuk Sri Rahayuningsih meminta pemerintah mengkaji ulang penambahan cuti bersama Lebaran.

Kemudian permintaan ini ditanggapi Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang menyebut akan lebih dulu dirapatkan bersama menteri terkait lain.

Dikutip dari laman KemenPANRB, dalam SKB Tiga Menteri yang ditetapkan tanggal 22 September 2017 lalu, cuti bersama Idul Fitri ditetapkan pada tanggal 13, 14, 18, dan 19 Juni 2018.

Dalam SKB Tiga Menteri bernomor 223/2018, nomor 46/2018, dan nomor 13/2018, cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah bertambah dua hari sebelum lebaran yaitu tanggal 11 dan 12 Juni, dan sehari sesudah lebaran yakni tanggal 20 Juni.

Pemerintah akan mengevalusi keputusan cuti bersama Lebaran 2018 selama tujuh hari, seiring adanya reaksi keberatan dari para pengusaha.

Asman mengaku, rapat koordinasi antara tiga menteri yang dipimpin Menko PMK serta mengajak dunia usaha akan dilaksanakan pada hari, dengan mempertimbangkan masukan-masukan dari masyarakat dan kalangan dunia usaha.

‎Asman mengatakan, evaluasi cuti bersama bukan hanya untuk swasta saja, tetapi juga untuk Apartur Sipil Negara (ASN) yang masih membutuhkan Keputusan Presiden (Keppres).

‎Sebelumnya, Pemerintah memutuskan untuk menambah tiga hari cuti bersama Idul Fitri melalui perubahan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018. SKB itu memutuskan perubahan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri dari sebelumnya 4 hari, menjadi 7 hari.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top