News

Kunjungan Kerja ke Bali, Jokowi Temui Pengungsi Gunung Agung

Kunjungan Kerja Jokowi

Bolaria.net, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Bali hari ini. Menjelang kunjungan itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana bersama jajaran Muspida Buleleng telah melakukan persiapan.

Bupati sangat mengapresiasi kunjungan Jokowi ke Bali Utara. Momentum ini menjadi kebanggaan dan sekaligus kesmepatan langka bagi jajarannya untuk bertatap muka langsung dengan Jokowi.

Kawasan Nusa Dua, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Kepala Negara beserta Ibu Negara. Di sana, Presiden menghadiri Penutupan Pertemuan Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

Selain Kabupaten Badung, rencananya Jokowi akan berkeliling Bali juga meninjau lokasi pengungsian akibat aktivitas Gunung Agung. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan, agenda dimulai dengan kunjungan kerja di sejumlah kabupaten yang ada di Provinsi Bali.

Presiden akan menuju Kabupaten Buleleng dengan menggunakan Helikopter Superpuma TNI AU dari Bandara Internasional I Ngurah Rai, Kabupaten Badung. Di Kabupaten Buleleng, Presiden dan Ibu Iriana akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) dan sertifikat tanah untuk rakyat.

Usai dari Buleleng, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Klungkung. Di Kabupaten Klungkung, Presiden akan meninjau Posko Tanggap Darurat Erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem. Presiden Jokowi juga akan meninjau lokasi pengungsian di GOR Swecapura, Kabupaten Klungkung.

Di tempat terpisah, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo menyatakan aktivitas di Gunung Agung saat ini masih terus naik dan turun. Pada pencatatan terakhir per 25 September 2017 (00-06 WITA) tercatat gempa vulkanik mencapai 227 kali, dan tektonik lokal 14 kali.

Adapun yang terbanyak adalah di Kabupaten Karangasem yakni ada 82 titik pengungsi dan 21.157 jiwa mengungsi. Tempat dengan jumlah terbanyak kedua ada di Kabupaten Klungkung yakni 104 titik mengungsi dan 11.494 yang mengungsi. Sementara radius Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Agung diperkirakan sampai 12 km dari puncak Gunung Agung.

Rangkaian agenda akan diakhiri dengan kunjungan ke beberapa lokasi pengungsian. Pada malam harinya, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan akan kembali ke Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, melalui Bandara Internasional I Ngurah Rai, Kabupaten Badung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top