News

Berita Teknologi: Rita Harradence, dibalik Suksesnya Sir John Cornforth

Sir John Cornforth

Bolaria.net, Berita Teknologi: Google Doodle Kamis 07 September 2017 memperingati ulang tahun ke 100 Sir John Cornforth, peraih penghargaan Nobel bidang Kimia pada tahun 1975. Penghargaan ini diberikan atas penelitiannya pada stereokimia reaksi enzim-katalis.

Penelitian yang dilakukan bersama Vladimir Prelog ini tentang penataan ruang spasial atom dan bagaimana strukturnya mempengaruhi senyawa organik. Jika penjelasan ini terdengar rumit, Sir John Cornforth sendiri merasa kesulitan untuk menjelaskan bidangnya secara ringkas namun jelas.

“Subjek ini sulit untuk dijelaskan kepada masyarakat awam, “ ujar Sir Cornfort mengutip dari The Independent.

Dibalik kesuksesannya di bidang kimia, ada wanita yang selalu mendukung kerja Cornforth, yakni istrinya Rita Harradence. Rita Harradence bertemu dengan Sir John Cornforth ketika keduanya masih menjadi sesama mahasiswa kimia di Universitas Sydney. Keduanya pun lulus dan mendapatkan beasiswa penelitian pascasarjana di Oxford.

John pertama kali mengenal Rita ketika ia sedang sibuk bekerja di laboratorium di tahun keduanya di universitas. Suatu hari John didekati oleh sesama mahasiswa Rita Harradence yang meminta bantuannya karena telah memecahkan botol laboratorium Claisen secara tidak sengaja.

Rita meminta bantuan John untuk memperbaikinya dan ia mampu memperbaiki wadah tersebut menggunakan pipa peniup. Mata mereka berdua bertemu ketika John mengembalikan wadah tersebut ke Rita dan dari sanalah sebuah hubungan profesional dan romantis yang panjang bermula.

Kedua tak terpisahkan sejak peristiwa tersebut dan menikah pada tahun 1941. Keduanya dikaruniai seorang putra, John, dan dua putri, Brenda dan Philippa.

Rita Harradence sendiri merupakan ahli biokimia terkemuka. Bersama Sir John Cornforth, keduanya telah menulis lebih dari 40 jurnal ilmiah bersama. Ketika menerima penghargaan Nobelnya, Sir John Cornforth memberikan apresiasi yang menyentuh kepada Rita

“Sepanjang karir ilmiahku istriku telah menjadi kolaborator tetapku. Kemampuan eksperimennya memberika kontribusi besar pada kerjaku; dia telah mempermudah (kerja) untukku melampaui kesulitan komunikasi yang menyertai ketulian; Dorongan dan ketabahannya menjadi bantuan terkuatku,” ujar Sir John Cornforth saat menerima penghargaan Nobel.

Rita Harradence meninggal di usia 97 tahun pada November 2012, setahun sebelum meninggalnya Sir John Cornforth pada 08 Desember 2013. Keduanya dimakamkan di Sussex, Inggris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top