News

Berita Hari Ini: Siapa Sir John Cornforth Yang Menjadi Google Doodle?

Sir John Cornforth

Bolaria.net, Berita Hari Ini: Sir John Cornforth lahir di Sidney, Australia pada 7 September 1917 dengan Ayah Inggris dan Ibu Australia. Ia menghabiskan masa kecilnya di Australia. Sejak kecil, ia tertarik pada bidang kimia dengan eksperimen di ruang cuci rumah. Google menjadikannya sebagai doodle untuk mengenang jasanya sekaligus memperingati ulang tahunnya.

Sejak berusia 16 tahun, Cornforth telah kehilangan pendengarannya. Saat itu, ia mulai belajar di Universitas Sydney. Cornforth tidak dapat mendengar ceramah dosen, memusatkan perhatian dalam kimia organik. Tahun 1937 ia lulus dengan medali pertama, dan bertugas sebagai dosen di University of Sydney. Ia kemudian mendapat beasiswa ke Oxford, lalu bekerja sebagai profesor di universitas Warwick, Suffolk dan California di Los Angeles. Ketika di Oxford, Cornforth bergabung dengan tim yang membuat sebuah langkah besar dalam studi penisilin.

Tapi, ia lebih dikenal dunia karena penelitiannya soal struktur tiga dimensi stereokimia dari berbagai reaksi kimia. Untuk penelitiannya tersebut, ia kemudian dianugerahi hadiah Nobel pada 1975. Ia meraihnya bersama Vladimir Prelog.

Selain itu, Cornfirth juga menerima penghargaan CBE pada 1972, ksatria pada 1977 dan Companion of the Order pada 1991. Ia juga terpilih menjadi anggota Royal Society pada 1953 dan memenangkan Medali Davey pada 1968.

Pencapaian itu sangat luar biasa mengingat kondisinya telah kehilangan pendengarannya. Cornforth, yang meninggal dunia pada 8 Desember 2013, dalam usia 96 tahun .Hidupnya dikenang dalam sebuah obituari Telegraph.

Karena pencapainnya itu, hari ini ia dihormati Google dengan menempatkannya sebagai google doodle.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top