News

Berita Hari Ini: PBB Rapat Darurat Hadapi Uji Coba Bom Hidrogen Korea Utara

Korea Utara

Bolaria.net, Berita Hari Ini: Hari Minggu (3/9) Korea Utara mengklaim uji coba ke enam bom Hidrogen pada berlangsung sukses sempurna melalui stasiun televisi nasional Korea Utara, Korean Central Television (KCTV). Uji coba kali ini mengakibatkan gempa bumi berskala 6,3 skalarichter.

Menanggapi hal ini, Departemen Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan darurat Senin pukul 10 pagi waktu setempat atau Senin pukul 8 malam WIB untuk membahas klaim Korea Utara atas suksesnya uji coba bom Hidrogen ini.

Nikki Haley, ambassador Amerika Serikat untuk PBB menyatakan melalui akun twitternya @nikkihaley pada Minggu (03/09) “We along w/Japan, France, the UK and S.Korea have called for an emergency Security Council meeting on N.Korea in the open tomorrow at 10am – Kami (Amerika Serikat) bersama Jepang, Perancis, Inggris Raya, dan Korea Selatan telah dipanggil untuk pertemuan darurat Departemen Keamanan atas Korea Utara secara terbuka besok (Hari ini 4/9) pukul 10 pagi”. Pertemuan ini akan diadakan di ruang terbuka PBB.

Pengumuman ada setelah Sekertaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam uji coba bom hidrogen Korea Utara menyebutnya “sangat mendestabilisasi keamanan regional.” Tindakan ini adalah pelanggaran serius lainnya yang dilakukan Korea Utara terhadap kewajiban internasional kata juru bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric. Menurut Dujarric hal ini juga merongrong upaya penyebaran senjata nuklir dan perlucutan senjata internasional.

Pemerintah Korea Utara melaksanakan uji coba bom hidrogen ke enam minggu (03/09) dan dipimpin langsung oleh Kim Jong Un. Uji coba kali ini untuk mengetes dan mengkofirmasi akurasi dan kredibilitas teknologi bom hidrogen.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top