News

Berita Dunia: Korea Utara Berkemungkinan kembali Melakukan Uji Coba Senjata

Bom Nuklir, Korea Utara

Bolaria.net, Berita Dunia: Korea Utara mendapat pengawasan ekstra dari dunia internasional terkait dengan uji coba nuklir yang dilakukannya pekan lalu. Pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya uji coba lanjutan oleh Korea Utara.

Korea Selatan melalui badan mata – mata negara, melakukan pemantauan terhadap negara tentangganya tersebut. Dari hasil pengawasan tersebut, Kepala Kantor Perencanaan Kebijakan Kementerian Pertahanan Korea Selatan Chang Kyung-soo menyatakan bahwa Korea Utara tengah melakukan persiapan untuk meluncurkan rudal balistik antar benua (intercontinental ballistic missile/ICBM). Meski demikian, pihak Korea Selatan belum mengetahui kapan tepatnya peluncuran tersebut akan dilakukan.

Sementara itu di sisi lain, Korea Selatan didukung oleh Pemerintah Amerika Serikat tengah bersiap memasang rudal dengan hulu ledak yang lebih berat. Pemasangan rudal ini bertujuan untuk memberikan Korea Selatan sebuah alat pertahanan dengan kekuatan yang lebih besar dari Korea Utara.

Menanggapi aksi militer yang dilakukan Korea Utara akhir – akhir ini, Direktur Nuclear Information Project di Federasi Ilmuwan Amerika Hans Kristensen mengatakan bahwa, lebih dari sekedar sanksi, masyarakat internasional membutukan sebuah permainan untuk menghentikan aksi Korea Utara saat ini. Karena Korea Utara nampaknya tetap memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan uji coba senjata pemusnah masal meskipun dikenai sanksi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top