News

Berita Nasional: Saracen Ditangkap, DPR Akan Bongkar Hingga ke Akar

Saracen

Bolaria.net, Berita Nasional: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta aparat terkait untuk mengusut tuntas jaringan penyebar konten kebencian berbau SARA di media sosial pasca diringkusnya grup Saracen. Menurut Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno kelompok tersebut jelas bertujuan mengacaukam keamanan negara dan mengganggu stabilitas Indonesia.

“Saya berharap proses ini bisa berlanjut dan mereka akan mendapatkan hukuman yang maksimal,” katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2017. Dave mengatakan aparat penegak hukum harus mengusut Saracen hingga ke akarnya, termasuk pihak-pihak yang membiayai Saracen.

“Namun, jangan hanya berhenti di pemain lapangannya saja. Saracen ini tidak bekerja secara sendirian, mereka ada yang membiayai ada yang menyuplai isi, ada yang membuat konsep materi,” kata dia.

Dia mengingatkan, konflik di Suriah dan Libya terjadi karena adanya dikotomi warga yang berbau SARA. Dia menyebut, jangan sampai Indonesia menuju ke arah sana. “Jangan kita jadi Irak atau Suriah yang sama saudaranya sendiri saling membunuh. Jangan sampai kebencian disebarluaskan di medsos oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata politisi Golkar itu.

Menurutnya, dalam masalah ini bukan hanya tanggung jawab kepolisian saja, melainkan juga Kominfo, BIN, dan semua pihak terkait bisa bekerja sama membongkar jaringan ini hingga ke akarnya.

Dia menambahkan, kelompok macam Saracen harus dihentikan karena mereka memanfaatkan momen politik seperti pilkada dan pemilu untuk memperuncing kebencian antar-sesama. Dia mengatakan, masalah seperti ini cepat membakar emosi masyarakat dengan akses informasi yang kurang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top