News

Berita Terbaru: Sindikat Saracen Catut Nama Wartawan Riau

Saracen

Bolaria.net, Berita Terbaru: JAS, ketua sindikat penyedia jasa konten kebencian Saracen mencatut nama seorang wartawan asal Riau, Zukri Subayang sebagai reporter dalam struktur redaksinya. “Saya juga sudah dapat kabar soal itu. Yang jelas nama saya dicatut karena saya tidak bekerja di sana,” kata Zukri di Pekanbaru, Kamis, 24 Agustus 2017.

Saracen diketahui memiliki grup Facebook dan situs online bernama saracennews.com. Mereka punya 2000 akun sosial media yang kemudian berkembang menjadi 800 ribu akun yang digunakan untuk menyebar konten kebencian. Polisi menyebut kelompok ini memiliki keahlian untuk mencaplok akun media sosial hingga membaca situasi pemberitaan.

Nama Zukri tertera dalam situs saracennews.com sebagai reporter Riau dan Pekanbaru. Ia mengaku baru kali ini mendengar nama Saracen. Ia yang sempat menelusuri alamat Saracen yang tertera di situs Saracen berada di Jalan Kasa, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau tidak berhasil menemukan kantor itu.

Menurutnya, bukan hanya namanya yang dicatut Saracen. Nama rekannya turut tertera dalam situs itu. “Sepertinya bukan nama saya sendiri saja yang dicatut, semalam sempat mengontak wartawan di Siak yang namanya masuk dalam situs tersebut, katanya juga tidak pernah tahu dan tidak bekerja di sana. Tidak tahu kenapa bisa nama saya ada di situ,” ucap Zukri.

Berdasarkan pantauan Antara, tidak ditemukan adanya tulisan Saracen di sekitar Jalan Kasa tersebut. Namun ketika ditanyakan nama JAS kepada warga,  ditemukan rumahnya yang terlihat sepi dan tertutup rapat.

Tetangga JAS yang bernama Elci Geofai mengaku hanya mengetahui bahwa di rumah itu ada usaha penyaluran les privat. “Saya tak tahu apa yang dilakukannya di dalam rumahnya ini, setahu saya dia membuka usaha penyalur tenaga pengajar les privat bagi anak-anak sekolah. Kalau ada yang mau les privat, dia yang carikan guru,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top