Bisnis

Info Tekno: Sir John Cornforth, Disabilitas Fisik Tak Menghalangi Prestasi

Sir John Cornforth

Bolaria.net, Info Info Tekno: Sir John Cornforth merupakan seorang ahli kimia yang memenangkan penghargaan Nobel di bidang kimia pada tahun 1975. Sir John Cornforth mendapatkan penghargaan ini atas karyanya pada stereokimia reaksi enzim-katalis.

Sir John ‘Warcup’ Cornforth lahir di Sydney, Australia pada tahun 1917, dan ia menjadi satu-satunya peraih penghargaan Nobel dari Wales Selatan Baru. Ayahnya berkebangsaan Inggris dan ibunya berkebangsaan Australia.

Selama masa kanak-kanaknya di Australia, Cornforth telah menunjukkan ketertarikan yang sangat besar pada ilmu pengetahuan. Sejak kecil ia sering melakukan eksperimen di tempat cucian dalam rumahnya.

Namun menginjak usia 10 tahun Sir John Cornforth mulai kehilangan pendengarannya karena otosklerosis, sebuah penyakit tulang bagian tengah dan dalam telinga yang dapat menyebabkan hilangnya pendengaran.

John Cornforth muda diterima di Universitas Sydney di usia 16 tahun dan mempelajari kimia organik. Cornforth tuli total pada usia 20 tahun, namun peristiwa yang merubah hidupnya ini mendorong kemajuannya dalam bidang kimia.

Akibat tidak dapat mendengar pelajaran di kelas, Conrforth menghabiskan waktunya untuk fokus pada kerjanya di laboratorium. Ia pindah ke Inggris pada tahun 1937 setelah lulus sebagai lulusan pertama universitasnya dan meraih medal universitas.

Cornforth tiba di Oxford Inggris ketika perang dunia kedua dan berkerja pada memurnikan dan mengkonsentrasi penisilin. Cornforth juga bekerja sebagai profesor di Universitas Warwick, Suffolk dan di sebuah universitas di Los Angeles, California.

Tahun 1953, Cornforth terpilih ke dalam Royal Society, akademi ilmu pengetahuan independen tertua di dunia. Dan di tahun 1968 Cornforth memenangkan Medali Davy, penghargaan yang diberikan oleh Royal Society London untuk penemuan penting yang sempurna di bidang kimia.

Tahun 1972 Cornforth telah mendapatkan penghargaan CBE (Commander of the Most Excellent Order of the British Empire) dari Kerajaan Inggris. Penghargaan ini diberikan oleh Ratu Inggris kepada orang-orang yang diakui kontribusi dan prestasinya oleh Ratu Inggris. Gelar Sir pun disematkan ke dalam namanya.

Sir John Cornforth meraih penghargaan Nobel pada tahun 1975 bersama rekan sesama penelitinya pada penelitian stereokimia reaksi enzim-katalis, sebuah penelitian tentang penataan spasial atom dan bagaimana strukturnya mempengaruhi senyawa organik.

Sir John Cornforth juga mendapatkan penghargaan gelar Companion of the Order Australia pada tahun 1991, penghargaan yang diberikan atas pencapaian dan jasa tertinggi dalam pelayanannya pada Australia atau kemanusiaan yang lebih luas.

Sir John Cornforth meninggal pada usia ke-96 pada Desember 2013 dan dimakamkan di Sussex, Inggris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top