Bisnis

Berita Teknologi: Cerita Bagaimana Sir John Cornforth Memenangi Nobel

Sir John Cornforth

Bolaria.net, Berita Teknologi: Google Doodle hari ini, Sir John Cornforth, adalah pemenang Nobel Kimia pada tahun 1975 untuk karyanya soal stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim.

Ahli kimia Sir John Cornforth lahir di Sydney pada tahun 1917. Selama masa kecilnya, Sir John Cornforth tertarik pada bidang kimia dengan eksperimen di ruang cuci rumahnya. Ia mulai kehilangan pendengarannya dan benar-benar tuli sejak usia 20 tahun. Dia tidak dapat mendengar ceramah di universitasnya, mulai membaca buku-buku Kimia miliknya sendiri.

Suatu hari di Universitas, Sir John Cornforth bertemu dengan ahli kimia Rita Harradence. Dia telah memecahkan botol di lab dan memintanya untuk memperbaikinya. Maka mulailah sebuah kolaborasi profesional yang panjang dan hubungan romantis. Pada tahun 1939, keduanya mendapatkan beasiswa untuk belajar di Oxford dan menikah dua tahun kemudian. Bersama-sama mereka telah menulis lebih dari 40 makalah ilmiah.

Di Oxford, Sir John Cornhoff bergabung dengan kelompok yang mengambil langkah besar dalam mempelajari penisilin. Dia kemudian kembali ke penelitian sebelumnya tentang struktur tiga dimensi (“stereokimia”) dari berbagai reaksi kimia. Pada tahun 1975 ia dianugerahi Hadiah Nobel untuk pekerjaan ini. Dia dan Vladimir Prelogk sedang mempelajari enzim yang memicu perubahan pada senyawa organik. Temuan mereka “membuka pintu” untuk banyak penemuan, termasuk pengembangan obat penurun kolesterol.

Ketika Hadiah Nobel diumumkan, siaran pers tersebut mengakui: “Ini sulit untuk dijelaskan kepada masyarakat.” Tapi sudah jelas bahwa jutaan orang akan mendapatkan keuntungan dari keingintahuan Sir John Cornforth  yang lama tentang berfungsinya dunia alam.

Sir John Cornforth meninggal dunia pada 8 Desember 2013, dalam usia 96 tahun. Hidupnya dikenang dalam sebuah obituari Telegraph. Google merayakan ulang tahun dan mengenang jasanya dengan membuat google dirinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top