Bisnis

Berita Travel: Aplikasi Khusus Untuk Destinasi Wisata Halal

Berita Travel, Wisata Halal

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

Bolaria.net, Berita Travel: Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan muslim sebesar 5 juta orang pada 2019, atau 25% dari sasaran total wisatawan mancanegara (wisman) yang jumlahnya 20 juta jiwa. Demi mendorong jhal tersebut, pemerintah siapkan aplikasi wisata halal di Indonesia.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Riyanto Sofyan mengatakan pihaknya tengah mengembangkan aplikasi yang berisi informasi mengenai akomodasi terkait wisata halal di Indonesia. Saat ini, pengembangannya masih dalam tahap pengumpulan data.

Selain informasi mengenai hotel dan restoran, aplikasi tersebut juga mencakup data atraksi dan destinasi halal serta lokasi masjid. Riyanto berharap aplikasi ini dapat rampung secepatnya karena destinasi yang sudah ditetapkan sebagai tujuan wisata halal terbukti mampu bertumbuh.

Mengacu pada data Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017, Indonesia berada di posisi ketiga sebagai negara tujuan wisatawan muslim dunia. Posisi pertama dan kedua masing-masing diisi oleh Malaysia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Kemenpar mengklaim jumlah wisatawan muslim yang datang ke Lombok meningkat 17,5% dalam periode 2014-2016, dari 2 juta orang menjadi 2,7 juta orang.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI Wiryanti Sukamdani menyatakan besarnya pasar halal ditunjukkan oleh mulai gencarnya negara-negara dengan mayoritas warga nonmuslim menawarkan paket wisata halal. Contohnya, Jepang dan Korea Selatan.

Pasar wisata halal sangat besar di mana nilai pengeluaran wisatawan muslim sudah mencapai US$151 miliar pada 2015, di luar pengeluaran untuk haji dan umrah. Angka itu nyaris menyamai pengeluaran wisatawan China yang sebesar US$168 miliar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top