2 Tim 1 Negara Dalam Final Liga Champions

0 comments

Dalam sejarah liga champions sampai musim kompetisi 2011-2012 tercatat sudah dua kali terjadi pertemuan antara dua klub dalam satu negara atau liga pada babak final. Kejadian ini memang memungkinkan setelah pada tahun 1997 UEFA melakukan perubahan aturan peserta. Liga champion yang sebelumnya hanya diikuti oleh tim dari juara liga kemudian memperbolehkan tim runner-up dari liga dengan koefisien tinggi untuk menjadi peserta kompetisi ini.

Tidak berselang lama setelah regulasi baru tersebut diberlakukan, pada musim kompetisi 1999-2000 tim-tim dari Spanyol begitu berjaya. Tiga dari empat tim yang masuk babak semi final diisi oleh Barcelona, Real Madrid dan Valencia serta satu tim dari liga Jerman yaitu Bayer Munchen. Madrid berhasil mengalahkan Munchen dengan agregat 3-2 sedangkan Valencia mengalahkan Barcelona agg 5-3. Di babak final akhirnya mempertemukan sesama tim Spanyol yang akhirnya dimenangi oleh Madrid dengan skor telak 3-0.

Pertemuan dua tim satu negara dalam babak final liga champions berikutnya terjadi pada kompetisi 2007-2008. Kali ini giliran tim-tim dari Inggris yang tampil luar biasa. Persis seperti kejadian  8 tahun sebelumnya, terjadi keroyokan di babak semi final. Tiga tim asal Inggris yaitu Manchester United, Liverpool dan Chelsea mengeroyok Barcelona satu-satunya tim asal Spanyol di babak semi final. MU berhasil mengatasi Barcelona dan Chelsea mengalahkan Liverpool sehingga pada babak final kembali terjadi pertemuan sesama tim dalam satu liga.

Melihat hasil pertandingan semi final liga champions 24-25 April kemarin, sangat mungkin kejadian unik ini terjadi lagi. Peluang Munchen akan bertemu Dortmund yang sama-sama tim Jerman untuk bertanding di final sangat  mungkin terjadi.  Kemenangan telak Munchen 4-0 atas Barca dan Dortmund 4-1 bisa menjadi acuan tolak ukurnya. Memang pada leg ke dua nanti masih membuka peluang bagi Madrid dan Barca, tetapi untuk membalikkan keadaan sepertinya sangat sulit bagi kedua tim Spanyol ini. Tetapi bola tetaplah bundar, apapun masih bisa terjadi. Kita tunggu saja nanti apakah akan terjadi pertemuan sesama tim Jerman di babak Final ?

Punya opini sendiri, silahkan komen saudara-saudara sebangsa tanah dan sebangsa air sekalian. Salam Sport :)
Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Beve - Author
RSS Feeds
Powered by Blogger
Support by Harga Notebook
Harga Handphone | Harga HP Sony Xperia | Harga BB Blackberry | Harga HP Samsung Galaxy | Harga HP Nokia