Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Sehat dan Aman

0 comments

Memakai produk untuk merawat wajah buatan sendiri cukup sederhana dan cepat dan bahkan bahan-bahan yang diperlukan mudah untuk didapatkan di dapur atau di lingkungan sekitar kita. Anda tentu sudah tahu bahwa buah dan sayuran adalah bahan-bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan. Berbagai jenis kulit baik yang normal, kering, berminyak tentu tidak baik jika dibiarkan kusam, terlihat tua dan juga jerawat. Bagi wanita cara alami dalam perawatan kulit wajah yang aman dan sehat menjadi sangat penting untuk menambah rasa percaya diri.

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Pemakaian produk-produk perawatan muka yang mengandung bahan-bahan kimia terlalu mengandung resiko jika tidak cocok dengan jenis kulit. Merawat wajah dengan bahan-bahan alami menjadi pilihan menarik dan aman. Tips-tips cara alami merawat wajah berikut ini semoga saja dapat membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan kulit wajah anda.

Lemon atau Jeruk Nipis Untuk Pembersih Semua Jenis Kulit
Lemon adalah sumber alami asam alpha hidroksi (AHA) dan antioksidan,vitamin. Lemon sangat baik untuk meratwat kulit muka sebagai pembersihan, toning, mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mengangkat sel kulit mati, membebas kulit muka kusam dan memudarkan flek hitam.
Campurkan 1/8 cangkir almond bubuk, 2 sendok makan susu atau krim dan 1 sendok teh air jeruk lemon. Gunakan untuk membersihkan kulit wajah, tunggu kurang lebih 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Mentimun
Mentimun memiliki kemampuan mengangkat noda atau flek hitam pada kulit wajah dan dapat menjadikan wajah indah bercahaya. Campur 1/2 potongan mentimun yang telah dikupas kulitnya dengan 1 sendok yoghurt dan 1 sendok susu kemudian dihaluskan dengna blender. Oleskan campuran yang anda buat pada kulit wajah dan tunggu kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat untuk membersihkannya.

Bengkuang
Bengkuang memiliki kandungan rotenon, pachyrhizon, vitamin C dan B1. Kandungan dalam bengkuang ini baik untuk menghilangkan atau minimal menyamarkan noda hitam yang diakibatkan oleh jerawat. Untuk membuat masker bengkuang untuk perawatan kulit alami caranya adalah:
  • Kupas bengkuang dan cuci sampai bersih kemudian parut sampai lembut.
  • Peras hasil parutan untuk diambil airnya. 
  • Saring perasan bengkuang supaya benar-benar bersih dari ampas.
  • Biarkan selama setengah jam sampai muncul endapan
  • Buanglah air bagian atas yang bening
  • Gunakan air endapan yang seperti susu untuk masker wajah anda

Apel Untuk Perawatan Wajah Berminyak
Kandungan zat lastin dan kolagen memiliki kemampuan untuk mengurangi minyak pada kulit wajah anda yang berminyak.
Buah apel dihaluskan dengan menggunakan blender tanpa campuran air. Gunakan sebagai masker dengan menempelkannya pada kulit muka secara merata selama 20-30 menit. Bersihkan dengan menggunakan air hangat kemudian dilanjut dengan air dingin supaya pori-pori kulit muka anda mengecil.

Tomat
Tomat banyak mengandung vitamin C yang mampu mengurangi minyak berlebihan, membersihkan sekaligus memberi asupan nutrisi. Selain itu juga ada kandungan zat anti oksidan yang mampu untuk mengatasi iritasi kulit wajah karena sengatan sinar ultraviolet, mencerahkan kulit wajah anda dan mengurangi komedo.
Untuk membuat masker dari tomat caranya dengan menghaluskan satu buah tomat kemudian dicampurkan dengan satu sendok madu. Oleskan campuran tomat dan madu ke kulit wajah anda. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat dilanjut dibersihkan dengan air dingin.

Alpukat
Kandungan vitamin C dan vitamin E pada alpukat yang baik untuk menjaga kelembaban dan memberi asupan nutrisi serta menghluskan kulit muka anda. Buatlah masker alpukat dengan menghaluskan daging buah alpukat dan kemudian oleskan pada wajah anda secara merata. Biarkan selama lima belas menit dan bilas dengan air hangat kemudian air dingin.

Pisang
Buah pisang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil 1 buah pisang ambon, kupas kulitnya dan hancurkan buahnya. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu kedalam pisang yang telah dihancurkan tadi, dan oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit.  Lalu bersihkan dengan kapas dan air hangat.

Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati dan regenerasi sel kulit baru. Campur daging buah pepaya matang dengan 1 sendok makan minyak atau secukupnya. Oleskan ramuan masker pepaya ke kulit wajah. Setelah 15 menit basuh dengan air hangat. Gunakan pelembab yang sesuiai dengan jenis kulit anda sebagai penyempurna perawatan anda.

Strawberry
Strawberry banyak mengandung asam salisilat berkemampuan untuk mengencangkan kulit. Terdapat juga vitamin yang baik untuk kulit seperti vitamin C,E,B dan K. Cara alami merata wajah dengan masker strawberry baik dalam meregenerasi kulit, mengangkat sel–sel kulit yang mati, melembabkan dan memperlancar peredaran darah. Campur 3 buah strawberry dan 1 sendok madu. Haluskan kemudian oleskan pada kulit muka. Setelah setengah jam gosok secara melihar perlahan dengan gerakan melingkar supaya sel-sel kulit yang mati dapat terangkat dan peredaran darah pada wajah anda menjadi lancar.

Mangga
Kandungan vitamin A dan zat anti oksidan pada buah mangga bermanfaat untuk regenerasi kulit dan menghambat penuaan dini serta menjadikan kulit anda tetap elastis keelastisitasan. Buat masker mangga dengan menghaluskan buah mangga yang sudah dikupas kemudian campurlah dengan satu sendok susu bubuk. Aduklah supaya merata kemudian oleskan ke wajah anda. Setelah 20 menit bersihkan muka dengan menggunakan air hangat.

Kiwi
Buah kiwi mengandung kolagen dan vitamin E dan kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kulit wajah dari iritasi oleh sinar matahari, mengurangi minyak pada kulit, serta dapat mengahluskan kulit muka anda. di dalam buah ini dapat membantu mengatasi kulit yang teriritasi oleh sinar matahari, menghaluskan kulit wajah. Haluskan buah kiwi kemudian campur dengan satu sendok minyak zaitun dan 1 butir putih telur yang telah dikocok. Aduk sampai ramuan masker tercampur rata. Oleskan pada kulit wajah anda dan biarkan selama 15 menit. Bershikan dengan menggunakan air hangat.

Susu
Secara rutin membasuh kulit wajah anda dengan susu dapat mengurangi flek hitam pada kulit wajah anda.


Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Beve - Author
RSS Feeds
Powered by Blogger
Support by Harga Notebook
Harga Handphone | Harga HP Sony Xperia | Harga BB Blackberry | Harga HP Samsung Galaxy | Harga HP Nokia