Jadwal Hasil Pertandingan Coppa Italia Tahun 2013

0 comments

Jadwal Coppa Italia
Coppa Italia atau Piala Italia (disebut juga TIM Cup karena disponsori oleh TIM) adalah kompetisi sepak bola di Italia yang diselenggarakan tahunan dengan sistem gugur. Kompetisi ini digelar pertama kali pada tahun 1922. AS Roma dan Juventus adalah dua tim yang paling banyak menjuara Coppa Italy dengan sembilan kali juara. Juara bertahan berhak memakai simpul pita "tricolore" dan memenuhi syarat untuk mengikuti Europa UEFA League untuk musim depan.

Kompetisi Piala Italia menerapkan sistem knok-out. Setiap pertandingan dilakukan satu kali atau 1 leg saja kecuali untuk pertandingan di babak semi final. Jika pertandingan berakhir dengan hasil imbang maka dilakukan perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Jika setelah perpanjangan tetap imbang maka pemenang ditentukan melalui adu penalti. Juara Coppa Italia berhak mendapatkan tiket untuk mengikuti kompetisi level Eropa di UEFA Europa League. Jika pemenang ternyata sudah lolos Liga Champions melalui Liga Italia Serie A maka tim yang menjadi runner-up berhak menggantikan untuk mengikuti kompetisi Europa League. Apabila kedua tim baik juara mapun runner up sama-sama lolos di Liga Champions maka tidak ada wakil Italy yang mengikuti Liga Eropa hanya diambil dari klasemen akhir liga Italy yang memenuhi syarat.

Total adal 8 putaran dalam kompetisi ini dari awal sampai mencapai babak final. Piala Italia dimulai pada bulan Agustus untuk putaran pertama dan diikuti oleh klub dengan peringkat terendah yang berada di luar dua divisi teratas. Klub yang bermain di Serie B dan 12 tim terbawah Seria A bergabung di babak kedua didasarkan pada posisi musim liga sebelumnya. Sisanya delapan tim teratas Serie A bergabung dengan kompetisi di putaran keempat di bulan Januari. Babak 16 besar, perempat final dan leg pertama semi-final dimainkan secara berurutan setelah putaran ke 4 dan leg kedua semi-final dimainkan beberapa bulan kemudian, sekitar bulan April. 

Berikut adalah jadwal dan hasil pertandingan Coppa Italia

16 Besar
Roma 3-0 Atalanta
Parma 1-1 (pen 3-4) Catania
Juventus 1-0 Cagliari
Milan 3-0 Reggina
Inter 2-0 Verona
Lazio 1-1 (pen 4-1) Siena
Udinese 0-1 Fiorentina
Napoli 1-2 Bologna

Perempat Final
Lazio 3-0 Catania
Juventus 2-1 Milan
Inter 3-2 Bologna
Fiorentina 0-1 Roma

Semi Final
Leg 1
Juventus 1-1 Lazio
Roma 2-1 Inter

Leg 2
Lazio 2-1 Juventus
Inter 2-3 Roma

Final Coppa Italia 16 Mei 2013
Lazio vs AS Roma

Pertandingan final yang sekaligus derby kota roma tentunya sangat seru karena laga panas akan selalu tersaji antara tim satu kota. Dari sejarah AS Roma lebih unggul dibandingkan Lazio. Roma sudah 9 kali berhasil menjuarai Coppa Italia sedangkan Lazio baru 5 gelar.   Meskipun Lazio lebih sedikit meraih gelar tetapi jika dilihat dari persentase keberhasilan maka Lazio lebih baik. Roma sudah 17 kali masuk final dan meraih 9 kemenangan, persentase keberhasilan Roma sebesar 53%. Lazio sudah merasakan 7 kali di final Coppa Italia dan memenangi partai puncak ini 5 kali sehingga persentase keberhasilan Lazio adalah 71%.

Untuk melihat hasilnya nanti memang tidak sesedarhana itu karena sepakbola itu sendiri memang penus misteri. Bagi anda para Romanisti dan Laziale selamat atas keberhasil tim anda sekalian menembus partai puncak ini.

Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Beve - Author
RSS Feeds
Powered by Blogger
Support by Harga Notebook
Harga Handphone | Harga HP Sony Xperia | Harga BB Blackberry | Harga HP Samsung Galaxy | Harga HP Nokia