Manfaat Belimbing (Wuluh) Bagi Kesehatan Tubuh Kita

0 comments

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan
Manfaat buah belimbing cukup banyak, belimbing merupakan buah tropis berair yang tumbuh di seluruh Asia Tenggara. Belimbing berwarna hijau saat berbuah dan bervariasi dari kuning pucat dan kuning saat matang. Ketika buah diiris melintang setiap irisan berbentuk seperti bintang, maka nama nya, "belimbing."

Buah belimbing sebagian besar dikonsumsi segar atau sebagai jus, kaya akan vitamin A dan C dan juga memiliki zat besi, dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Rasanya bervariasi dari masam hingga manis. Belimbing mentah yang diawetkan di Asia Tenggara digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Kandungan nutrisi pada belimbing per 137g: Vitamin C 29mg, Karbohidrat: 10.7gram, Serat: 3.7gram, Kalori: 45, Protein: 0.74 gram, dan Lemak: 0.48gram.

Berikut Ini Adalah Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan:
  1. Buah belimbing banyak kandungan asam askorbat yang penting bagi kebugaran tubuh Anda, karena membantu dalam menjaga tulang, gigi, selaput lendir, kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Belimbing menyediakan sejumlah vitamin B seperti vitamin B5 atau asam pantotenat, dan derivatif dapat membantu menurunkan kolesterol dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, mengandung folat atau vitamin B9 yang penting untuk mencegah cacat lahir serta untuk mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.
  3. Buah belimbing memiliki beta-karoten, yang dapat diubah menjadi retinol atau vitamin A dalam tubuh Anda untuk penglihatan yang baik dan meningkatkan nafsu makan.
  4. Belimbing mengandung antimikroba dan antioksidan. Ekstrak buah terbukti melakukan aktivitas antimikroba terhadap Bacillus cereus, E. coli, Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus.
  5. Kalium yang terdapat pada belimbing dapat mengatur tingkat tekanan darah, zat besi untuk keseimbangan sel darah merah, serta kalsium dan magnesium, yang berfungsi bersama-sama untuk membantu menguatkan tulang.
  6. Kandungan serat dalam belimbing baik untuk mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kondisi sistem pencernaan perut Anda tetap sehat.
Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Powered by Blogger