Manfaat Bawang Merah-Putih-Bombay Lengkap

0 comments

Secara umum kebanyakan orang mengenal bawang sebagai bahan untuk memasak yang memberikan rasa. Dengan mudah kita dapat menemukannya di dapur karena bawang merah, putih ataupun bombay adalah salah satu bahan pokok untuk memasak. Selain untuk kegiatan kuliner, manfaat bawang untuk kesehatan cukup banyak.

Kandungan yang terdapat pada bawang merah seperti quercetin dan senyawa sulfur dan quercetin menjadikan bawang merah antioksidan yang memiliki kemampuan menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Selain itu bawang juga mengandung natrium, magnesium, kalsiumm, fosfor dan kalium selenium . 

Manfaat bawang merah
Berikut ini adalah Manfaat Bawah Merah untuk kesehatan:
  • Membunuh Kuman Penyakit dalam Mulut: Kunyah bawang merah mentah selama kurang lebih dua menit. Kuman di daerah mulut akan mati sehingga potensi kerusakan gigi dan infeksi di dalam mulut dapat dicegah..
  • Bermanfaat untuk Penyakit Jantung: Kandungan dalam bawang merah berperan dalam penipisan darah.
  • Manfaat bawang merah untuk mengobati jerawat: Mengkonsusmi jus bawang merah ditambah dengan madu serta minyak zaitun dapat mengobati jerawat secara signifikan.
  • Mengobati sakit yang diakibatkan oleh serangga: Mengkonsumsi jus bawang merah dapat mengurangi rasa sakit akibat gigitan lebah, kalajengking dan jenis serangga yang lain.
  • Pereda Sakit Perut: Sifat anti-inflamasi pada bawang merah dan kemampuan anti-bakteri  dapat membantu mengurangi sakit atau nyeri yang terjadi pada perut.
  • Menormalkan Urin: Minum air yang direbus dengan 7 gram bawang merah dapat menghilangkan rasa sakit (panas) pada saat buang air kecil.
  • Mencegah Penyakit Kanker: Senyawa aktif yang terdapat pada bawang merah sangat bagus untuk mencegah potensi terjadinya kanker.
  • Manfaat Bawang Merah, Seperti yang kita ketahui bawang telah bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit manusia seperti tumor, batuk persisten dan dingin. Praktisi pengobatan menganggap ini sebagai bentuk tanaman yang sempurna untuk menghilangkan sindrom penyakit. mengkonsumsi bawang merah dapat membantu dalam pencegahan perut dan payudara kanker .
  • Mengobati konstipasi, Racun beserta partikel keras dari makanan yang menempel pada usus dapat dilunturkan oleh kandungan serat yang terdapat pada bawang. 
  • Mengontrol diabetes. Bawang merah yang masih mentah mampu meningkatkan insulin sehingga berperan aktif dalam mengontrol diabetes.
  • Menjaga jantung. Bawang merah mentah mampu menjaga tekanan darah dan membuat arteri menjadi terbuka.
  • Mengontrol kolesterol. Kandungan methylallyl sulfida dan sulfur asam amino pada bawang merah berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. 


Manfaat Bawang Putih
  • Menurunkan Kolesterol, Mengkonsumsi kurang lebih 600 mg bawang putih secara rutin tiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Melawan Infeksi, Infeksi dan bakteri yang menyebabkan terjadinya kutil dan penyakit kulit lainnya dapat diobati atau dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih.
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah, hal ini dikarenakan oleh sifat afrodisiak pada bawang putih.
  • Mengatur kadar gula, kemampuan bawang putih dalam pelepasan insulin pada orang yang menderita diabetes.

Manfaat Bawang Bombay
Bawang bombay sangat bagus untuk memperkuat rambut sehingga dapat mencegah dan mengobati  kerontokan rambut. Beberapa bawang bombay diblender sampai halus. Kemudian peras sehingga anda mendapatkan ampas bawang bombay dan airnya yang terpisah. Ampas bawang bombay dicampur dengan minyak hangat untuk  dioleskan pada kulit kepala.
Air hasil perasan digunakan untuk membasahi seluruh bagian rambut.
Pijat kepala anda sampai rileks kurang lebih sepuluh menitan.
Tutup kepala anda dengan handuk selama setengah jam.
Akan efektif pada rambut jika dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu.
Untuk mengurangi bau bisa digunakan madu untuk dicampurkan pada "jus" bawang bombay ini.
Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Powered by Blogger