Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Wanita

0 comments

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
Tanaman sirih adalah tanaman asli Indonesia yang mudah kita temukan. Secara umum kita tahu bahwa tanaman ini sering digunakan oleh orang tua atau ibu-ibu jaman dulu untuk dikunyah dengan gambir atau disebut juga dengan istilah nginang.

Kandungan daun sirih sirih seperti pati, seskuiterpen, betIephenol, diatase, gula dan kavikol, anti-oksidasi dan fungisida, anti jamur membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah bermacam manfaat daun sirih untuk kesehatan beserta cara mengolahnya.
Mengatasi Mimisan
Gulung satu lembar daun siri kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan tersebut.

Mengatasi Diare
Bahan: 6 lembar daun sirih, 6 merica dan satu sendok makan minyak
Tumbuk ketiga bahan sampai lembut kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

Mengatasi  gatal-gatal dan alergi
Tumbuk sampai halus enam lembar daun sirih ditambah satu potong jahe kuning dan satu setengah sendok minyak kayu putih. Kemudian digosokkan hasil tumbukan ketiga bahan tersebut pada bagian tubuh yang gatal.

Menghilangkan bau mulut.
Daun sirih dicuci sampai bersih kemudian dikunyah selama beberapa menit. Rutin dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari. 
Jika anda tidak mau mengunyah daun sirih, ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara berkumur menggunakan air hasil rebusan 6 daun sirih yang dicampur dengan dua gelas air. Lakukan setiap pagi dan sore hari atau dua kali sehari. Selain untuk menghilangkan bau mulut, berkumur atau mengunyah daun sirih juga bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam mulut dan menguatkan gigi.

Untuk Pembengkakan gusi
Rebus  6 daun sirih ke dalam 3 gelas air sampai mendidih.  Hasil rebusan kemudian didinginkan dan disaring kemudian ditambah sedikit garam. Selanjutnya adalah gunakan ramuan ini untuk berkumur sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Pendarahan gusi
Rebuh sepuluh lembar daun sirih ke dalam 5 gelas air hingga mendidih. Dinginkan kemudian disaring dan gunakan untuk berkumur.

Menghilangkan bau badan
Rendam 3 lembar daun sirih ke dalam setengah gelas air panas dan tambahkan kurang lebih satu sendok gula. Tunggu sampai hangat kemudian baru diminum.

Bronkitis
7 lembar daun sirih dihaluskan kemudian dicampur dengan 1 buah gula batu dan rebuh ke dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Hasil rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum sebanyak 3 kali sehari dengan sekali minumnya adalah tiga sendok makan.

Radang Tenggorokan
Tiga lembar daun sirih direndam ke dalam satu gelas air panas. Tunggu sampai dingin kemudian gunakan untuk berkumur dengan kepala menghadap ke atas. Rasakan air sirih tersebut sampai ke pangkal tenggorokan. Lakukan secara rutin sebanyak tiga kali sehari.

Membantu Jantung
Potong sampai kecil-kecil lima lembar daun sirih kemudian direbus ke dalam 4 gelas. Tunggu sampai mendidih dan tersisa separuhnya atau tinggal 2 gelas saja. Saring hasil rebusan dan minum sebanyak dua kali dalam satu hari.

Menghilangkan bau badan
Lima lembar daun sirih direbus ke dalam dua gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tinggal tersisa satu gelas saja. Saring hasil rebusan tersebut dan minum pada siang hari.

Menyembuhkan Luka bakar
5 lembar daun sirih dicuci sampai bersih kemudian diperas. Air perasan tersebut kemudian dicampur dengan madu. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

Bisul
Tumbuk daun sirih secukupnya sampai halus kemudian dioleskan pada bagian sekeliling yang terkena bisul. Jangan lupa dibalut supaya ramuan daun sirih tersebut tidak lepas dan bisa bekerja dengan efektif.

Mata Gatal dan Merah
Rebus 6 lembar daun sirih yang masih muda ke dalam satu gelas air. Hasil rebusan setelah dingin kemudian digunakan untuk mencuci mata sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Koreng dan Gatal-Gatal
20 lembar daun sirih direbus sampai mendidih kemudian gunakan untuk membasuh bagian kulit yang gatal atau koreng.

Sariawan
Kunyah 2 helai daun sirih setelah dicuci bersih.

Menghilangkan  Jerawat
Tumbuk sampai halus 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian seduh dengan 2 gelas air panas. Hasil seduhan tersebut digunakan untuk cuci muka sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Untuk Keputihan
10 helai daun sirih direbus ke dalam dua setengah liter air bersih. Setelah mendidih kemudian dinginkan dan gunakan untuk membersihkan vgina.

Mengurangi ASI Berlebih
Beberapa lembar daun sirih dicuci sampai bersih kemudian diolesi dengan minyak kelapa. Hangatkan daun yang sudah diolesi tersebut diatas api sampai layu. Saat masih hangat kemudian tempelkan pada payudara yang membengkak.


Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Powered by Blogger