Manfaat Buah dan Kulit Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 comments

Manfaat Buah dan Kulit Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai manfaat buah dan kulit jeruk tidak ada salahnya kita membahas sedikit tentang apa itu jeruk dan kandungan di dalamnya. Buah jeruk ada 2 macam yaitu jeruk manis atau citrus sinensis dan jeruk pahit atau citrus aurantium.

Tempat asal jeruk diperkirakan dari dari Asia Tenggara, jeruk sudah dibudidayakan di Cina sejak 2500 SM. Antara abad ke-15 sampai awal abad ke-16, pedagang Italia dan Portugis membawa pohon-pohon jeruk di daerah Mediterania. Orang Spanyol memperkenalkan jeruk manis di benua Amerika pada pertengahan tahun 1500-an.

Pohon-pohon jeruk manis banyak tumbuh di iklim tropis dan subtropis, jeruk manis manis ini adalah yang biasa kita makan atau diminum dengan membuat jus jeruk.

Kandungan yang terdapat pada buah jeruk adalah Vitamin C, Karbohidrat, Potasium, Folat, Kalsium, Vitamin B1, Niacin atau Vitamin B3, Vitamin B6 / Pyridoxine, Fosfor, Magnesium, Tembaga, Riboflavin/ Vitamin B2, Asam pantotenat / Vitamin B5 dan Senyawa fitokimia.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan
Kandungan vitamin C pada jeruk  bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena serangan kanker usus besar hali ini dikarenakan jeruk bisa membantu mengusir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA. Vitamin C juga memiliki fungsi sebagai sistem kekebalan tubuh, misalnya untuk menangkal flu dan mencegah infeksi pada telinga.

Kandungan Antioksidan dalam jeruk dapat bekerja efektif melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan akibat oleh radikal bebas. Radikal bebas inilah penyebab terjadinya penuaan pada kulit.

Kandungan Vitamin B6 pada jeruk berperan mendukung produksi hemoglobin. Kandungan magnesium dapat menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal.

Serat dalam jeruk yang mengandung gula buah alami, fruktosa dapat membantu kadar gula darah tetap terjaga  stabil. Karena fungsi tersebut jeruk sangat baik dikonsusmsi oleh penderita diabetes serta mencegah terjadinya diabetes bagi yang belum terjangkit penyakit ini.

Kandungan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran-sayuran lain berwarna oranye-merah seperti jeruk, jagung dan labu dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit kanker paru-paru.

Sari jeruk dapat berguna untuk mengobati demam, wasir yang dapat mengakibatkan gangguan pendarahan, membantu mengurangi asam berlebihan dalam darah, serta memperlancar air seni.

Jeruk bermanfaat untuk mengobati asma, bronchitis, masuk angin, dan gangguan pencernaan dengan cara membuat ramuan air jeruk manis, madu, garam, dan sedikit lada.



Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan
 
Kulit jeruk untuk mengatasi kedinginan
Kulit jeruk direbus direbus dengan jahe segar dan gula merah direbus selama 20 menit. Minum setelah dingin atau hangat.

Mencegah frostbite
Beberapa kulit jeruk dibakar dan kemudian ditumbuk sampai menjadi bubuk. Campur tumbukan dengan minyak sayur kemudian bagian kulit yang bengkak tersebut.

Menghilangkan bau mulut
Kunyah kulit jeruk secukupnya, aroma jeruk ini akan menghilangkan bau mulut anda

Mengobati sakit geraham
Taruh sepotong kulit jeruk secukupnya pada bagian geraham selama kurang lebih 10 menit. Lakukan sebelum anda tidur.

Merawat dan mengobati gigi yang sensitif
Rendam beberapa kulit jeruk ke dalam air mendidih dalam keadaan tertutup. Tunggu 10 menit kemudian baru diminum.

Mengobati batuk
Rebus 5 gram kulit jeruk kering dalam 2 gelas air selama kurang lebih 10 menit atau sampai mendidih. Tambahkan jahe dan gula merah kemudian diminum saat masih hangat..

Mengobati bronchitis kronis dan sesak nafas
10-15 gram kulit jeruk direndam dalam keadaan terutup ke dalam segelas air mendidih kedalam sebuah gelas. Kemudian minum setelah 10-15 menit.

Menghilangkan dahak di dalam paru paru
Sepotong kulit jeruk direndam ke dalam anggur atau wine putih selama minimal 20 hari. Kemudian minum hasil rendaman tersebut. Waktu perendaman semakin lama akan semakin baik efeknya.

Mengobati sembelit
12 gram kulit jeruk direndam dengan air mendidih dalam keadaan tertutup selama 15 menit. Minum 2 kali sehari.

Mengobati mual dan kembung
50 gram kulit jeruk direndam ke dalam anggur putih selama minimal 20 hari. Minum hasil rendaman tersebut.

Meningkatkan nafsu makan
Kulit jeruk yang sudah dikeringkan dicampur dengan daun teh kemudian direbus sampai mendidih seperti membuat teh biasa. Kemudian minum secara teratur.

Mengobati mastitis(bengkak pada payudara karena ASI berlebihan).
Rebus 30 gram kulit jeruk yang masih segar dan 6 gram akar manis. Setelah mendidih kemudian angkat dan tunggu sampai hangat. Sebaiknya diminum 2 kali sehari.

Mengobati hangover (Sakit Kepala saat bangun tidur karena miras).
Rebus 30 gram kulit jeruk segar ke dalam air sampai mendidiht, tambahkan sedikit garam dan kemudian minum selagi hangat.

Mencegah mabuk perjalanan
Kulit jeruk secukupnya dihirup dengan hidung. Lakukan selama dalam perjalanan dengan frekuensi yang bisa anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kecantikan

Kulit jeruk memiliki kemampuan ampuh menyerak minyak pada kulit wajah. Kulit jeruk juga memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit wajah yang sudah kering dan mati. Dua kemampuan tersebut membuat kulit jeruk sangat baik untuk menjaga kecantikan wajah.

Keringkan kulit jeruk hingga keras. Lembutkan dengan cara ditumbuk atau diblender kulit jeruk kemudian campur dengan susu dengan perbandingan yang sama. Aduk campuran hingga terlihat seperti pasta

Bersihkan terlebih dulu wajah anda dengan air dan kemudian keringkan dengan handuk. Oleskan ramuan “pasta” jeruk tadi ke wajah anda (masker wajah). Biarkan selama selama 30 menit supaya masker jeruk tersebut bekerja dengan baik. Bersihkan wajah dengan air dan lakukan secara rutin untuk mendapat hasil terbaik.

Share this article :
 
Copyright © 2011. Bolarianet - All Rights Reserved
Beve - Author
RSS Feeds
Powered by Blogger
Support by Harga Notebook
Harga Handphone | Harga HP Sony Xperia | Harga BB Blackberry | Harga HP Samsung Galaxy | Harga HP Nokia